allala

kunoga e saito youkoso

February 13, 2012

SUSHI 寿司

Hajimemashite minna san????
gara-gara gathering di reg bogor, jadi pengen bagi2 info tentang makanan

Sushi 寿司 the best raw ingredients


Sushi terbuat dari nasi dengan cuka masak (shari) yang ditambah dengan bahan pelengkap lain (neta). Variasi neta bisa bermacam-macam, tapi yang paling umum adalah seafood.

Menurut beberapa literatur sushi berarti 'sour tasting' atau citarasa asam. Sushi kaya akan ragam, tergantung dari isi yang dipakai ataupun cara penyajiannya.

Macam-macam Sushi:

Chirashizushi



(ちらし 寿司, "sushi tersebar")

Berupa semangkuk nasi sushi dengan berbagai macam toping seperti sashimi atau pelengkap lain. Toping bisa bervariasi.


Inarizushi (稲 荷 寿司)

Seperti sebuah kantong yang terbuat dari tahu (tofu) yang diisi dengan sushi rice.
Dinamai Shinto dewa Inari, yang diyakini memiliki kesukaan akan tahu goreng.


Makizushi (巻 寿司, "sushi gulung"), Norimaki (海苔 巻き, "Nori roll") atau Makimono (巻 物, "berbagai gulungan") adalah sushi bentuk silinder, dibentuk dengan bantuan tikar bambu, yang disebut makisu (巻 帘). Makizushi umumnya dibungkus nori (rumput laut), tetapi kadang-kadang dapat ditemukan dibungkus dengan peterseli, dadar tipis, kertas kedelai, mentimun. Makizushi biasanya dipotong menjadi enam atau delapan buah, yang merupakan urutan gulungan tunggal.






Beberapa jenis umum makizushi:
1. Futomaki (太 巻, "tebal, gulungan besar atau gemuk")
2. Hosomaki (细 巻, "gulungan tipis")
3. Temaki (手 巻, "roll tangan")
4. Uramaki (里 巻, "roll luar dalam")

Temaki & Uramaki


Narezushi (熟れ 寿司, "sushi matang") adalah bentuk tradisional sushi yang difermentasi. Ikan dikuliti dan isinya dibuang lalu diberi garam, ditempatkan dalam tong kayu, disiram dengan garam lagi, kemudian dibebani dengan pemberat 'tsukemonoishi' (pengawetan batu). Ketika hari berlalu, air merembes keluar. Setelah enam bulan funazushi ini dapat dimakan.




Nigirizushi (握り 寿司, "sushi dibentuk dengan tangan") terdiri dari sebuah persegi panjang beras sushi yang ditekan koki ke dalam kotak persegi panjang kecil antara telapak tangan, biasanya dengan sedikit wasabi, dan topping menutupinya. Neta biasanya ikan seperti salmon, tuna atau makanan laut lainnya. Topping tertentu biasanya terikat pada beras dengan strip tipis nori, paling sering gurita (Tako), belut air tawar (unagi), belut laut (anago), cumi (ika), dan telur manis (tamago). Ketika dipesan secara terpisah, nigiri umumnya disajikan berpasangan.






Beberapa tipe khusus dari Nigirizushi:

Gunkanmaki (sushi berbentuk oval) & Temarizushi (sushi bulat)


Oshizushi (押し 寿司,"sushi tekan"), juga dikenal sebagai 箱 寿司, Hako-Zushi "sushi kotak") adalah sushi tekan dari daerah Kansai, favorit dan khusus dari Osaka.






















Semoga Bermanfaat
^,^ cecil ^,^

No comments:

karya kuri

karya kuri
wah... kuri launching albumnya nih... haha... harus di posting... penting..penting.. haha

cool L... ~_~

cool L... ~_~
gambar pertama yang di posting... hahahak XD