allala

kunoga e saito youkoso

July 08, 2011

TANABATA (budaya)




Tanabata (七夕)

atau di sebut juga festival bintang adalah sala
h perayaan tanabata di jepang yang di adakan setiap tanggal 7 juli .

dalam sejarah tanabata tidak di ketahui sejak kapan perayaan tanabata ini dimulai dan dalam
Legendanya sendiri dan mengisahkan bintang Vega yang merupakan bintang tercerah dalam rasi bintang lyra sebagai Orihime (Shokujo), putri Raja Langit yang pandai menenun. Bintang Altair yang berada dirasi bintang aquila dikisahkan sebagai sebagai penggembala sapi bernama Hikoboshi (Kengyū). Hikoboshi rajin bekerja sehingga diizinkan Raja Langit untuk menikahi Orihime.



Suami istri Hikoboshi dan Orihime hidup bahagia, tapi Orihime tidak lagi menenun dan Hikoboshi tidak lagi menggembala. Raja Langit sangat marah dan keduanya dipaksa berpisah. Orihime dan Hikoboshi tinggal dipisahkan sungai Amanogawa (galaksiBima sakti) dan hanya diizinkan bertemu setahun sekali di malam hari ke-7 bulan ke-7.



Kalau kebetulan hujan turun, sungai Amanogawa menjadi meluap dan Orihime tidak bisa menyeberangi sungai untuk bertemu suami. Sekawanan burung kasasagi terbang menghampiri Hikoboshi dan Orihime yang sedang bersedih dan berbaris membentuk jembatan yang melintasi sungai Amanogawa supaya Hikoboshi dan Orihime bisa menyeberang dan bertemu.



konon katanya pun hujan yang turun itu adalah air mata orihime dan hikoboshi yang menangis karena tidak bisa bertemu.



tradisinya dalam perayaan tanabata menuliskan permohonan dalam secarik kertas tanzaku atau kertas warna warni (hijau merah kuning putih hitam) setelah itu di gantung kan pada pohon yang seperti pohon bambu. jika pada hari tanabata tidak turun hujan maka permohonan akan terkabul.
sedangkan jika turun hujan maka permohonan tidak akan terkabul.begitulah kepercayaan mereka.perayaan ini juga tidak hanya di adakan di jepang.tapi di korea dan tiongkok.




by:S.B

3 comments:

hana said...

coba klo disini juga diadain festival bintang. keren bgt tuh :D

Shaymin Forevo said...

七夕 itu bukanya hita?
Kok dibaca tanabata?
Ora mudeng aku

Reizsha said...

itu kanji shichi (tujuh) dan yuu (malam). kalo diliat onyomi kunyomi nya, klo dipikir2 emang aneh banget kalo dibaca "tanabata" ya....
tp di kamus klo 2 kanji itu digabung jadi "tanabata bacanya.... bingung juga...o.Oa

karya kuri

karya kuri
wah... kuri launching albumnya nih... haha... harus di posting... penting..penting.. haha

cool L... ~_~

cool L... ~_~
gambar pertama yang di posting... hahahak XD